Telah dilaksanakan Pembinaan dan Peluncuran Aplikasi Pelayanan Terpadu (SIPELDU) Pengadilan Agama Medan dan Aplikasi SIKEPO (Sistem Informasi Kiriman Elektronik Petikan Putusan online) oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H. di Pengadilan Agama Medan. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu tangal 24 Maret 2021 bertepatan dengan 10 Sya’ban 1442 H sekitar pukul 08.00 WIB yang bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Medan yang dihadiri oleh Pimpinan, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Medan.

gambar 1

Ketua Pengadilan Agama Medan Drs. Surya, S.H., M.H. membuka acara pembinaan dan peluncuran dua aplikasi baru Pengadilan Agama Medan dengan didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Medan Dra. Hj. Erpi Desrina, S.H., M.H. dan Panitera Pengadilan Agama Medan Muhammad Yasir Nasution, S.H., M.A.

gambar 2

Acara dilanjutkan dengan pembinaan dan peluncuran secara resmi aplikasi SIPELDU dan SIKEPO Pengadilan Agama Medan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan. KPTA Medan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Pengadilan Agama Medan meluncurkan dua aplikasi, dan berharap agar terus berupaya untuk menciptakan inovasi dan aplikasi yang baru sebagaimana amanah Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs H. Aco Nur, S.H.,M.H untuk menjadikan peradilan agama berkelas dunia.

gambar 3

Aplikasi Pelayanan Terpadu (SIPELDU) Pengadilan Agama Medan adalah aplikasi yang memberikan informasi perkara dan pelayanan Pengadilan Agama Medan berbasis android. Aplikasi ini mempermudah publik untuk mengakses infomasi perkara, informasi akta cerai, prosedur berperkara, gugatan mandiri dan pelayanan kepada pegawai Pengadilan Agama Medan hanya dari mobile smartphone.

gambar 4

Adapun Aplikasi SIKEPO adalah aplikasi pengiriman Petikan Salinan Putusan secara Online berbasis Web ke Kantor Urusan Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan, dimana sebelumnya pengiriman petikan salinan putusan dilakukan secara manual dengan biaya pengiriman via PT Pos. Adanya Aplikasi SIKEPO ini, pengiriman dapat dilakukan secara online dan bebas biaya. Petugas pun dapat langsung memverifikasi salinan putusan yang telah dikirim. (IT)


  • 956-aidil.jpg
  • 957-basuni.jpg
  • 958-saiful.jpg
  • 959-paet-hasibuan.jpg
  • 960-isteri-panitera.jpg
  • 961-mertua-panitera.jpg